Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 20 Mei 2013

Pikiran Masyarakat terhadap X-Ray ( Rontgen/Radiasi )

Banyak orang berpikir bahwa radiasi itu dapat menyebabkan kanker atau kemandulan, itu memang betul kalau berlebihan tapi itukan semuanya punya prosedur.

Tapi disisi psitifnya sinar – X atau radiasi dapat membantu atau digunakan untuk melihat kondisi tulang, gigi serta organ tubuh yang lain tampa melakukan pembedahan terhadap pasien.

Contoh :

Fraktur tertutup/patah dalam, tampa ada rontgen kita tidak bisa mengetahui apakah tulanya patah atau cuman sekedar bengkak /infeksi , sedangkan kelihatan dari luar hanya bias-biasa aja.

Jadi menurut pendapat saya jangan terlalu takut rontgen karna rontgen bisa mebantu anda2.

sumber: http://hamkazio.wordpress.com/dunia-radiologi/pikiran-masyarakat-tehadap-x-ray-rontgenradiasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Perkembangan teknologi di bidang radiologi sangat luar biasa. Sejak ditemukannya sainar x oleh WC. Roentgen tahun 1895, terus berkembang teknologinya, mulai pesawat sinar x general purpose (radiografi umum), dental, mammografi, fluoroskopi, CT Scan hingga MRI yang bermanfaat untuk menegakkan diganosa. Dengan pencapaian teknologi yang sedemikian hebatnya, bukan berarti penemuan sudah berhenti. Justru telah lahir Teknologi terbaru di bidang radiografi yaitu ECVT (Electrical Capacitance Volume Tomography) yang ditemukan oleh Dr. Warsito, M.Eng merupakan teknik pencitraan yang memanfaatkan nilai kapasitansi dari objek berbentuk volum yang dikelilingi oleh multi sensor. Sensor-sensor yang mengelilingi objek tersebut mengukur nilai kapasitansi listrik yang dipengaruhi oleh distribusi permitivitas yang terdapat di dalam objek yang kemudian direkonstruksi dengan algoritma yang sesuai untuk mendapatkan citra (Alzufri, Habib Syeh, UI, 2008 ), keunggulan lain dari ECVT yaitu tanpa radiasi sebagaimana Sinar x.

Blogroll

About